NEWS UPDATE :  

Berita

Puncak Milad MAN 1 Banyuwangi ke-43, Kasipenma Kemenag Banyuwangi: Acaranya Kami Nilai Sukses

           Setelah dua hari sebelumnya berbagai lomba sukses dilaksanakan, hari ini, Senin (06/03/2023) MAN 1 Banyuwangi gelar acara puncak Haflatul Miladiyah dalam rangka Milad ke-43. Acara dengan konsep tasyakuran ini bertempat di Lapangan Madrasah dan diikuti oleh semua warga madrasah dan tamu undangan yang ada. 

          Acara pada pagi itu juga merupakan rangkaian akhir dari timeline M1BF (MAN 1 Banyuwangi Festival) Jilid 3 yang nantinya akan ada penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba kemarin. Lasmono, Ketua Panitia M1BF Jilid 3, dalam sambutannya mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada seluruh panitia, bapak ibu guru, siswa-siswi, dan mitra pendukung acara yang telah berkontribusi untuk menyukseskan acara selama tiga hari itu. 

            "Izin melaporkan, dasar kegiatan ini adalah program kerja MAN 1 Banyuwangi Tahun 2023. M1BF ke-3 ini mengambil tema The Glory of Tolerance setelah yang pertama dulu kita ambil tema Kartini Gen Z, kemudian yang kedua Hero 4.0. Kegiatan seperti ini kami adakan dalam rangka menggali minat dan bakat generasi penerus bangsa," kata pria yang juga menjadi Dewan Pertimbangan MAN 1 Banyuwangi itu. 

          Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa ada tiga bagian besar dalam rangkaian milad tahun ini, yaitu lomba akademik, lomba nonakademik, dan Festival Al-Banjari. "Selain itu, sebagai madrasah entrepreneur, guna melatih kemampuan wirausaha siswa, kami juga mengadakan bazar dan pameran siswa disana. Sekali lagi, terima kasih kepada para donatur yang telah membantu menyukseskan acara ini," pungkasnya. 

           Kepala Madrasah, Abd. Hadi Suwito, mengatakan,‚ÄĚTeriring doa, semoga MAN 1 Banyuwangi terus berkembang dan berprestasi untuk masa-masa yg akan datang. Semoga semua kerja keras seluruh panitia dan dukungan bapak ibu guru, sponsor, dan tak lupa yang paling penting dukungan dari peserta didik MAN 1 Banyuwangi berbuah berkah dan pahala. Sekali lagi, mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan selama tiga hari ini," tutur pria yang sebelumnya menjabat Kepala MTs.N 4 Banyuwangi itu. 

          Ia juga mengatakan bahwa MAN 1 Banyuwangi akan terus berusaha mengemban amanah sebagai Madrasah Riset, Madrasah Entrepreneur, Madrasah Ramah Anak, dan Madrasah Moderasi Beragama khususnya di lingkungan Kementerian Agama. 

         Selanjutnya, sama halnya seperti acara pembukaan Sabtu lalu, hari ini hadir juga perwakilan dari Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi, yaitu Dimyati, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah. Banyak sekali poin-poin yang beliau sampaikan, di antaranya beliau sangat mengapresiasi terutama kepada Kepala Madrasah karena rangkaian acara Milad tahun ini dinilai sukses. 

          "Tidak ada yang protes kepada kami terkait pelayanan acara ini, artinya anak-anak madrasah telah menerapkan budaya 3S (Senyum, Sapa, dan Salam)," ujarnya. Kemudian, ia juga berharap dengan acara ini secara tidak langsung bisa mempromosikan MAN 1 Banyuwangi kepada masyarakat khususnya terkait PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun pelajaran berikutnya. "Hari ini kita dengan adanya pameran kita tahu, bahwa siswa madrasah ternyata bisa membuat batik dan lain-lain. Siswa madrasah juga ada yang berbakat sepak bola, silat, dan sebagainya. Tokoh masyarakat yang kali ini hadir seperti pak lurah mungkin nantinya bisa menyampaikan kepada masyarakat, bahwa di madrasah tidak hanya belajar agama, tapi siswa dilatih menjadi entrepreneur juga," imbuhnya. 

            Acara inti pada puncak milad hari ini adalah mauidzoh hasanah yang disampaikan oleh Andi Hidayat. Beliau yang juga alumni MAN 1 Banyuwangi itu kebanyakan menyampaikan tentang pentingnya memperbaiki akhlak. "Ilmu iku ojo kari akeh weh, koyo uyah, sitik tapi keroso. Tapi, akhlaknya jangan lupa diperbaiki," yang berarti "Ilmu itu tidak perlu banyak, seperti garam, sedikit tapi terasa. Tetapi, akhlaknya jangan lupa diperbaiki," tegas ustaz dari Kecamatan Rogojampi itu. 

            Tak ketinggalan, selain acara-acara tadi, puncak milad hari ini juga dimeriahkan oleh tampilan-tampilan ekstrakurikuler, seperti Tari Rodat, teater, pencak silat, dan dilengkapi sejenis fashion show oleh PaPi (Putra-putri) MAN 1 Banyuwangi. Semua pemenang lomba baik akademik, nonakademik, maupun Al-Banjari juga turut hadir untuk pengambilan hadiah.