NEWS UPDATE :  

Berita

RUMAHKU MADRASAH PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Undang Undang Nomor 20 Tahun  2003 tentang Sistem Pendidikan  Nasional adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa  dan negara. Kata kunci dari pendidikan nasional ini pada nilai-nilai kepribadian akhlak mulia, agama, kebudayaan nasional Indonesia

Pendidikan di era pembelajaran Jarak Jauh/PJJ pada masa pandemi covid 19, telah memberikan nuansa baru dalam proses pembentukan keilmuan pada peserta didik, guru, orang tua , siswa dan masyarakat secara total beralih pada proses belajar mulai dari tempat belajar, sarana belajar, metode belajar dan mengajar, bahan ajar, waktu belajar semua itu berorientasi pada ilmu tehnologi sebagai sahabat kita, disamping itu menjadi sahabat yang sangat akrab adalah orang tua baik ayah atau ibu atau kakak dan adik dimana keluarga tersebut sangat lengkap. Pembelajaran jarak jauh memberikan suasana baru dan memberikan fungsi dan peran orang tua sebagai pendidik sejati selama 24 jam tanpa karat,  tentu ini membuat orang tua juga berancang ancang untuk mendesain bagaimana materi pembelajaran yang telah di sampaikan oleh sang guru terserap dengan baik karena pendampingan sang ibu atau ayah telah hadir bersama anak di sampingnya sebagai jembatan atas apa yang telah tersampaikan oleh gurunya.

Pendidikan spiritual, pengendalian diri, pembentukan kepribadian berkarakter, kecerdasan, serta akhlak mulia ini menjadi ladang Uswah bagi ayah dan ibu dalam lingukungan rumah, segala tingkah Laku perbuatan dan prilaku orang tua menjadi bagian rekaman yang suatu saat akan di vidiokan untuk di tonton  di cermati lalu di praktekkan oleh anak. Lingkungan rumah yang ramah, sejuk menyenangkan memberikan pendidikan yang akan melahirkan karakter  yang kuat mandiri bahkan cakupan kepribadian insani yang iman dan akhlak.

Menurut Syaekh Hasan Albanna pembentukan  kepribadian atau karakter dalam Islam mencakup sepuluh aspek diantaranya : akhlak yang bersih, ibadah yang lurus, wawasan yang luas, fisik yang kuat, perjuangan diri sendiri hingga bermanfaat untuk orang lain. Saatnya sekarang orang tua bersama guru untuk mendesain pembelajaran berbasis rumah atau keluarga.

Bagaimana peran orang tua dalam Pembelajaran Jarak Jauh/PJJ pada masa pandemi covid 19 ? amanat undang undang pendidikan bahwa  anak sebagai aset negara yang harus mendapatkan pendidikan yang layak dalam situasi dan kondisi apapun, tingkat keberhasilanya orang tua memiliki andil besar dalam mengawal pendidikan ini. Pertama, Pembelajaran Jarak Jauh bisa terlaksana dengan interaksi yang baik antara guru dan siswa dan pendampingan orang tua, bahan ajar tersampaikan dengan baik karena adanya umpan balik dari guru kepada siswa dan orang tua memberikan kontrol secara terus menerus atas tugas yang di berikanya. Kedua, hadirnya orang tua kepada anak anaknya dalam setiap pembelajaran untuk memberi motivasi agar seberat apapun tugasnya tetap dikerjakan dengan penuh tanggung jawab, ini semua bisa terlaksana bila tingkat strata pendidikan orang tua mampu mengupdate perkembangan pendidikan saat ini. Lalu bagaimana bila orang tua yang memiliki strata pendidikan belum sebanding dengan perkembangan pendidikan saat ini ? Orang tua sebagai sosok primadona dalam keluarga tentu memberi nuansa baru terhadap tugas-tugas yang diberikan guru kepada anaknya, peran utamanya memberikan pendampingan moril sentuhan dan belaian kasih sayang yang luar biasa agar spirit hati dan semangat belajar menjadi energi baru dalam mengerjakan seluruh tugas dari guru sehingga capaianya pun bisa sesuai target yang di inginkan oleh anak dan guru.

Rumah memiliki fungsi edukasi, rumah sebagai tempat menimba ilmu yang didalamnya timbulnya bakat, minat bahkan talenta anak bisa di gali potensinya menjadi sosok insan yang memiliki multi talenta dan daya kompetitifnya bisa di pertaruhkan. Pemahaman pskologi jiwa anak bagi orang tua amat sangat penting lebih lebih di saat Pembelajaran Jarak Jauh/PJJ ini beban berat bagi kita semua termasuk orang tua, anak juga guru, maka konsep manejemen pembelajaran/edukasi ramah lingkungan sesuai dengan kebutuhan adalah keniscayaan untuk di terapkan dan di aplikasikan agar hasil pembentukan karakter mulia dan inteltual yang bagus bisa tercapai secara maksimal.

Pembelajaran Jarak Jauh/PJJ telah menginspirasi semua pihak guru, siswa, orang tua, akan tetapi pendidikan karakter, pembiasaan baik, praktek ketrampilan dan juga forum diskusi dalam pemecahan problem yang sangat membutuhkan kehadiran sosok guru tidak akan di temukan dalam Pembelajaran Jarak Jauh, sehingga kondisi seperti ini memberikan pembelajaran bahwa peran Guru tak tergantikan. Maka hadirnya sang idola yakni orang tua ayah atau ibu memiliki peran strategis dalam mengawal pendidikan baik secara inteltual maupun pembentukan karakter yang utuh.

Optimalisasi pembelajaran dan pendidikan yang dilakukan orang tua dalam lingkungan keluarga harus memberikan suport dan penguatan yang lebih variatif juga bersinergi dengan panduan guru dalam memberikan bahan ajar yang lebih fleksibel. Capain dari pendidikan berbasis keluraga di saat pandemi covid 19, untuk menguatkan akan pembentukan karakter, kepribadian anak yang sehat lahir dan bathinya, atas hilangnya pembelajaran tatap muka yang telah terjadi cukup panjang dan sampai kapan ini akan berakhir, tentu ini bagian dari Tim Kesehatan yang lebih memahami. Mendidik, membimbing yang pada prinsipnya adalahmenjadi kewajiban pertama dan utama bagi orang tua (Home schooling) yang saat ini sudah menjadi trend di dunia pendidikan,maka peran utama orang tua dalam membentuk kepribadian Budi pekerti yang luhur, Akhlakul Karimah memiliki kesempatan yang baik untuk memberikan pendidikan terbaiknya kepada anak anak di saat pandemi covid 19. Di. Sini sangat nampak sekali Bahwa rumah adalah tempat terbaik juga dalam mempersiapkan generasi  emas generasi cemerlang karena peran orang tua telah menemukan jati dirinya sebagai figur Mudaris yang Humanis.Alhasil Pembelajaran Jarak Jauh telah memberikan tempat dan poisisi bahwa orang tua sebagai bagian terdepan dalam mengawal pendidikan dan suksesnya pembelajaran yang sekaligus memiliki misi  anak utuh, anak tangguh dan anak siap sungguh menuju akselerasi pendidikan yang  sangat hebat dan memiliki martabat unggul. “ Jalan jalan ke kota Jakarta, tidak lupa membeli burger, pagi  sudah tiba, ayo kita belajar “ (27/08)


Kirim Pesan